Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Vol. 9 No. 1 (2024): Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education

META ANALISIS META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP: META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Yuni Frazwanti (Unknown)
Scolastika Mariani (Unknown)
Arief Agoestanto (Unknown)
Sugiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Kemampuan penalaran matematis sangat penting bagi siswa karena dapat menyelesaikan permasalahan dalam segala aspek kehidupan. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada tingkat sekolah menengah pertama. Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Hasil analisis terhadap tujuh artikel menunjukkan bahwa satu artikel mempunyai effect size sedang dan enam artikel lainnya mempunyai effect size tinggi. Selain itu, nilai efek gabungan ketujuh artikel tersebut sebesar 1,46 yang tergolong tinggi. Mengacu pada hasil uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 15,831 lebih besar dari ttabel yaitu 1,966 sehingga rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang diberi model pembelajaran PBL lebih baik dibandingkan yang tidak menerapkan model pembelajaran PBL. Model pembelajaran PBL. Oleh karena itu, model pembelajaran PBL dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada tingkat sekolah menengah pertama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

symmetry

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

This journals is an international journal, publishing original refereed articles on all aspects of mathematics education. Papers should address the central issues in terms which are of relevance across educational systems and informed by wider thinking in the field. The journal has three sections, ...