Sektor pariwisata dan kreatif Indonesia terkena dampak pandemi covid-19. Sejak Februari 2020, jumlah wisman yang datang ke Indonesia menurun drastis dan puncaknya pada April 2020 yang hanya berjumlah 158.000 wisman. Secara total, hanya sekitar 4,052 juta wisman yang datang ke Indonesia sepanjang tahun 2020.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan bauran pemasaran jasa pada Camp Hulu Cai; 2) Apa kendala dalam penerapan bauran pemasaran jasa pada Camp Hulu Cai; 3) Bagaimana upaya untuk mengatasi kendala dalam penerapan bauran pemasaran jasa pada Camp Hulu Cai. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Camp Hulu Cai telah menerapkan ketujuh aspek bauran pemasaran jasa; 2) Dalam penerapannya terdapat beberapa kendala yang dialami oleh Camp Hulu Cai dalam menerapkan bauran pemasaran jasa diantaranya faktor luas area, faktor harga dan faktor pembayaran; 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu dari satu cluster ke tempat cluster lain diantar menggunakan sarana transportasi (wara-wiri), tim pemasaran menerapkan sistem bottom price (harga terendah) dan middle price (harga tengah), dan menawarkan berbagai metode pembayaran.
Copyrights © 2024