Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 6, No 2 (2023): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Analisis Kesalahan Sintaksis dan Morfologi Dalam Teks Berita Segmen News Pada Media Daring Detik.Com

Handayani, Sri (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Sugono, Dendy (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Suendarti, Mamik (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis penyebab kesalahan sintaksis dan morfologi yang terdapat dalam teks berita segmen news pada media daring detik.com dan untuk melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan kesalahan-kesalahan berbahasa pada tataran sintaksis dan morfologi yang ditemukan dalam teks berita segmen news detik.com. Data yang dikaji berupa kalimat-kalimat yang mengandung kesalahan, baik pada tataran sintaksis ataupun morfologi dalam teks. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sitat atau observasi-catat, yaitu mengobservasi teks-teks berita segmen news kemudian mencatat kutipan-kutipan teks yang mengandung kesalahan. Data-data tersebut dikelompokkan berdasarkan kategori penyebab kesalahan sintaksis dan morfologi untuk dianalisis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penyebab kesalahan sintaksis dalam teks berita segmen news pada media daring detik.com. meliputi 9 kesalahan dimana kategori kesalahan yang banyak ditemukan adalah kalimat tidak efektif (40%) dari total 77 kesalahan. Sementara itu penyebab kesalahan morfologi meliputi 12 kategori kesalahan dengan penghilangan konjungsi ‘bahwa’ yang banyak ditemukan (29,03%) dari total 44 kesalahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...