Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 6, No 2 (2023): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pendidik Berkualitas Unggul dan Bekarakter Dalam Novel Sang Guru Pamong Karya Indrarto Dan Jose Rizal (Kajian Esistensialisme Nietzsche)

Tuti, Tuti (Indraprasta PGRI University)
Sumaryoto, Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI)
Suendarti, Mamik (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pendidik berkualitas unggul dan berkarakter dalam novel Sang Guru Pamong karya Indrarto dan Jose Rizal menggunakan pendekatan eksistensialisme Nietzche. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis novel ini adalah kualitatif, karena uraian datanya bersifat deskriptif, menganalisis data secara induktif dan rancangan yang bersifat sementara. Selain itu penulis menggunakan pendekatan eksistensialisme Nietzsche dalam menjawab rumusan masalah mengenai pendidik berkualitas unggul dan berkarakter. Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa: Pertama, pendidik berkualitas unggul dalam novel biografi Sang Guru Pamong karya Indrarto dan Jose Rizal: (1) berjiwa kuat, (a) Berani, yakni berani mengakui kekalahan secara jujur lebih baik daripada mendapat predikat terbaik atau memperoleh kemenangan dengan cara-cara yang tidak jujur; (b) Menjadi diri sendiri, yakni komitmen terhadap idealisme diri di mana pun berada; (c) Berproses, yakni manusia bukanlah sesuatu yang sudah selesai, manusia itu “menjadi” artinya terus berproses.. (2) berjiwa Merdeka, merdeka bagi seorang pendidik berarti memiliki independensi tinggi dalam menyampaikan keilmuannya. Kedua, pendidik yang berkarakter dalam novel biografi Sang Guru Pamong karya Indrarto dan Jose Rizal: (a) Integritas yang tinggi, (b) Keberagamaan, (c) Cinta Ilmu, (d) Bersyukur, (e) Mandiri, (f) Jujur dan Sportif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...