Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 6, No 2 (2023): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Analisis Butir Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Muhammadiyah Boarding School Bumiayu Menggunakan Model Evaluasi CIPP

Rizqillah, Septy (Unknown)
Ayu, Dwi Kusuma (Universitas Peradaban)
Sulaiman, Amin (Universitas Peradaban)
Irma, Cintya Nurika (Universitas Peradaban)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai evaluasi analisis butir soal PTS bahasa Indonesia kelas IX SMP Muhammadiyah Boarding School menggunakan model evaluasi CIPP. Sumber data dari penelitian ini adalah wawancara dengan guru dan siswa, serta soal PTS Ganjil Bahasa Indonesia kelas IX SMP Muhammadiyah Baording School. Pra observasi dilakukan pada 11 Januari 2023, memasukan surat sekaligus meminta izin kepada kepala sekolah, dan berbincang dengan guru bahasa Indonesia kelas IX. Analisis data dilakukan setelahnya, dan observasi terakhir sekaligus wawancara dilakukan pada 20 Januari 2023. Data penelitian ini adalah analisis butir soal dan hasil wawancara guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan pra observasi, analisis soal, wawancara, mengumpulkan data keseluruhan, kemudian membuat kesimpulan berupa jawaban dari rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal. Hasil penelitian berupa data-data yang berkenaan dengan evaluasi butir soal dengan model CIPP. Pada bagian Konteks suatu anjuran yang dikemukakan pemerintah untuk sekolah yang menggunakan K-13, siswa dituntut untuk mampu berpikir HOTs, dan pada pembentukan soal juga menggunakan HOTs. Pada bagian input atau masukan berisi mengenai tersedianya buku penujang pembelajaran, ketersediaan tim penyeleksi soal di sekolah, dan guru menguasai serta menjelaskan materi secara keseluruhan. Pada bagian input seluruh hasil analisis butir soal dimasukan. Terakhir bagian produk adalah nilai hasil belajar siswa saat mengerjakan soal PTS Ganjil bahasa Indonesia. Setelah melakukan evaluasi dengan model CIPP ini, ditemukan hasil bahwa guru sudah baik dalam pembelajaran selama setengah semester, hal itu dibuktikan dari hasil nilai serta wawancara dengan perwakilan siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...