Upaya peningkatan kualitas hidup manusia di bidang kesehatan merupakan suatu usaha yang sangat luas dan menyeluruh, usaha tersebut antara lain meliputi peningkatan kesehatan masyarakat baik secara fisik maupun non fisik. Pemenuhan kebutuhan pasien akan obat dan informasi obat serta memberikan pelayanan yang memuaskan pada pasien rawat jalan adalah orientasi utama dalam pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien sakit jantung rawat jalan terhadap kualitas pelayanan informasi obat yang diberikan di Instalasi Farmasi RSUD Kabupaten Buleleng, sampel dalam penelitian ini berjumlah 107 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey. Data dianalisis secara kuantitatif yang didahului dengan pengujian instrument melalui uji valididtas dan reliabilitas dengan bantuan program SPSS Versi 26 dan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat pada instalasi farmasi RSUD Kabupaten Buleleng dengan menggunakan 5 dimensi untuk mengukur kepuasan pasien adalah dimensi fasilitas berwujud, dimensi kehandalan, dimensi daya tanggap, dimensi jaminan dan dimensi empati untuk nilai seluruh dimensi yang digunakan terdapat dimensi fasilitas berwujud, dimensi kehandalan dan dimensi empati masih dirasa belum memuaskan, sedangkan dimensi daya tanggap dan jaminan sudah memuaskan dalam pemberian layanan informasi obat.
Copyrights © 2024