Penelitian ini membahas tentang perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SDN 02 Sumberharjo-Waykanan. Jenis penelitian ini yakni kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data melalui triangulasi yakni triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teknik. Hasil penelitian bahwa perpustakaan di SDN 02 Sumberharjo sudah dijalankan dengan baik dalam memberikan dan menjadi pusat sumber belajar di sekolah. Perpustakaan mempunyai peran sebagai pusat sumber belajar sangat bermanfaat untuk mendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran, menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui pemanfaatan aneka sumber belajar yang ada di perpustakaan, selanjutnya peran perpustakaan juga menunjang kegiatan pembelajaran khususnya guru dalam mencari bahan pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2024