Jambura Journal of Educational Management
Volume 5 Nomor 1, Maret 2024

Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar

Budiarto, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SDN 02 Sumberharjo-Waykanan. Jenis penelitian ini yakni kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data melalui triangulasi yakni triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teknik. Hasil penelitian bahwa perpustakaan di SDN 02 Sumberharjo sudah dijalankan dengan baik dalam memberikan dan menjadi pusat sumber belajar di sekolah. Perpustakaan mempunyai peran sebagai pusat sumber belajar sangat bermanfaat untuk mendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran, menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui pemanfaatan aneka sumber belajar yang ada di perpustakaan, selanjutnya peran perpustakaan juga menunjang kegiatan pembelajaran khususnya guru dalam mencari bahan pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...