Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Diajarkan Melalui Pembelajaran Matematika Realistik dan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph

Samosir, Katrina (Unknown)
Siagian, Philips Pasca G (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan  masalah matematika siswa diajarkan melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Autograph lebih tinggi daripada siswadiajarkan melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph di kelas X SMA Negeri I Panombeian Panei . Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri I Panombeian Panei. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil penelitian setelah diberikan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar  78,85 dan  nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 65,29. Hasil uji t sepihak dengan dk = 65 dan a = 0,05, diperoleh thitung = 4,2485 dan ttabel = 1,6691 sehingga thitung> ttabel yaitu 4,2485 1,6691 maka Ha diterima, dengan demikian  diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaranmatematika realistik berbantuan Autograph lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph di kelas X SMA Negeri I Panombeian Panei.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JFi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika ...