Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran menggunakan aplikasi Active Presenter materi operasi aritmatika SMA di Lubuklinggau yang valid dan praktis, serta melihat keefektifan video yang telah dikembangkan. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan. Pengembangan media video pembelajaran mengacu pada model pengembangan ADDIE. Sampel penelitian ini X 2 yang berjumlah 27 peserta didik SMA di Lubuklinggau TA. 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas video pembelajaran yang dikembangkan, yakni: (1) lembar angket validasi untuk mengukur kevalidan; (2) angket respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan; (3) soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran menggunakan aplikasi Active Presenter materi operasi aritmatika yang telah dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian kevalidan menurut dari 3 validator (2 dosen dan 1 guru) dinilai dari keseluruhan aspek yaitu materi, desain, media dan bahasa dengan persentase yang diperoleh 84,75 dengan kriteria sangat valid, video pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan diperoleh nilai 74,21 dengan kriteria praktis, dan untuk kualitas keefektifan menunjukkan nilai persentase ketuntasan 83,35 dengan kriteria sangat efektif.
Copyrights © 2021