Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 6, No 4 (2024): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis pola penalaran matematis dalam pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa Kelas II SD 1 Ternadi

Nisa, Zumna Afifatun (Unknown)
Annastasya, Aira (Unknown)
Ermawati, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pola penalaran matematis yang digunakan siswa kelas II SD 1 Ternadi dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas II, dipilih secara purposive 9 siswa dalam tiga kategori kemampuan: atas, menengah, dan bawah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yang melibatkan penggambaran data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas II SD 1 Ternadi cenderung menggunakan pola penalaran induktif, berfokus pada ide konkret dan pola yang dapat dilihat, dibandingkan dengan penalaran deduktif yang lebih abstrak. Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran pecahan yang efektif di kelas ini harus mengutamakan metode berbasis konkret, mendukung siswa untuk berinteraksi langsung dengan konsep pecahan sebelum beralih ke penalaran abstrak. Temuan ini diharapkan memberikan wawasan untuk strategi pengajaran yang lebih tepat sasaran dalam mendukung pemahaman matematis siswa pada tingkat dasar. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...