Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Persamaan Linier Satu Variabel ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas IX A SMP PGRI Semarang tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan  dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes, wawancara, dan dilengkapi dengan dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi, (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi tiga indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, evaluasi, dan inferensi, (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi dua indikator berpikir kritis yaitu evaluasi dan inferensi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024