Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2024): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemanrian Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bilangan Bulat

Maranatha, Maranatha (Unknown)
Prasetyowati, Dina (Unknown)
Purwati, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa ditinjau dari kemandirian belajar ketika menyelesaikan soal matematika bilangan bulat. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Masehi 1 PSAK VII A yang berjumlah 32 orang. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih 1 orang siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi, 1 orang siswa yang mempunyai kemandirian belajar sedang, dan 1 orang siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah. Teknik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes tertulis, wawancara dengan dokumen pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/validasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) siswa dengan kemandirian belajar tinggi menghasilkan enam indikator berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, overview. (2) siswa dengan kemandirian belajar sedang menunjukkan empat indikator berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation. (3) siswa dengan kemandirian belajar rendah hanya menunjukkan satu indikator berpikir kritis yaitu focus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...