Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 6, No 4 (2024): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

E – Pocket Book berbasis Mind Mapping : alternatif pemahaman konsep materi Persamaan Kuadrat

Saputri, Desti Romadhoni (Unknown)
Afghohani, Afif (Unknown)
Wulandari, Andhika Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

ABSTRAKPemanfaatan teknologi berupa e – pocket book dalam proses pembelajaran materi persamaan kuadrat penting untuk dilakukan, karena materi persamaan kuadrat ada kaitannya dengan bidang ilmu yang lain. Karena itu dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan e – pocket book berbasis mind mapping sebagai alternatif pemahaman konsep materi persamaan kuadrat. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas X8 SMA Negeri 3 Sukoharjo berjumlah 33 di ambil 3 sampel yang mewakili kategori baik, cukup, dan kurang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket respon siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data beupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan kategori pemahaman konsep baik sebanyak 2 siswa dengan persentase 6%, siswa dengan kategori pemahaman konsep cukup sebanyak 23 dengan persentase 70%, dan siswa dengan kategori pemahaman konsep kurang sebanyak 8 siswa dengan persentase 24%. Hal tersebut menyatakan bahwa e – pocket book bisa sebagai alternatif pemahaman konsep materi persamaan kuadrat, karena siswa dengan pemahaman konsep baik dan cukup lebih banyak dari pada siswa dengan pemahaman konsep kategori kurang. Pernyataan tersebut di dukung dengan angket respon siswa bahwa 84,36% siswa memberikan respon positif dengan kategori sangat baik mengenai e – pocket book.Kata kunci: E – Pocket Book, Pemahaman Konsep, Persamaan Kuadrat ABSTRACTIt is important to utilize technology in the form of e-pocket books in the process of learning quadratic equation material, because quadratic equation material is related to other fields of science. Therefore, this research was carried out to describe an e-pocket book based on mind mapping as an alternative for understanding the concept of quadratic equations. This research method is descriptive qualitative with the subject being 33 students in class Data collection techniques use tests, student response questionnaires, and documentation. Data analysis techniques include data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results showed that there were 2 students in the good concept understanding category with a percentage of 6%, 23 students in the sufficient concept understanding category with a percentage of 70%, and 8 students in the poor concept understanding category with a percentage of 24%. This states that e-pocket books can be an alternative for understanding the concept of quadratic equation material, because there are more students with a good and sufficient understanding of the concept than students with a poor understanding of the concept. This statement is supported by the student response questionnaire that 84.36% of students gave positive responses in the very good category regarding e-pocket books.Keywords: E-Pocket Book; Concept understanding; quadratic equation

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...