Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dari sekelompok orang kemudian diturunkan ke generasi penerusnya. Pembelajaran matematika yang diberikan kepada siswa memiliki tujuan untuk membentuk pola pikir siswa agar dapat menghadapi perubahan globalisasi. Matematika selalu berhubungan dengan bilangan dan tentang penalaran logik. Pembelajaran saat ini bukan berpusat pada siswa, tetapi guru memiliki peran yang dominan sehingga mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami dan mengikuti pembelajaran matematika. Dari permasalahan tersebut, budaya dan matematika berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang disebut etnomatematika. Etnomatematika merupakan aspek budaya yang ada pada matematika dan di dalam prosesnya terdapat studi-studi seperti studi komparatif antara kelompok budaya yang ada. Fokus penelitian ini bertujuan untuk membatasi penelitian studi kualitatif guna memilih data yang relevan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui unsur matematika yang ada pada gerak dan pola lantai tari dan untuk mengetahui konsep etnomatematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024