JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 6, No 2: Oktober 2023

Efek Norma Subyektif Terhadap Self-Efficacy Mahasiswa dalam Bidang Wirausaha

Mirawati, Baiq (Unknown)
Wazni, M. Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang efek norma subyektif terhadap self-efficacy dalam bidang wirausaha. Studi ini merupakan penelitian eksploratif dengan subyek penelitian sebanyak 35 mahasiswa pendidikan biologi. Intrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup dengan jawaban berdegradasi sesuai skala likert yang telah divalidasi ahli dan dinyatakan valid. Analisis data penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji regresi linier pada taraf signifikansi 5%. Hasil studi menunjukkan bahwa (1) rata-rata skor persepsi mahasiswa tentang norma subyektif sebesar 3,07 dengan kategori Baik dan self-efficacy sebesar 3,13 dengan kategori Baik; (2) tidak ada efek signifikan norma subyektif terhadap self-efficacy mahasiswa dalam bidang wirausaha, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi (p-value) 0,649 lebih besar dari 0,05 (0,05); (3) nilai R Square sebesar 0,006 atau 0,6% yang artinya bahwa norma subyektif mempengaruhi self-efficacy mahasiswa dalam bidang wirausaha sebesar 0,6% dan sisanya dipengaruhi variabel atau faktor lainnya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...