Pandemi Covid-19 mempengaruhi sektor pendidikan, pembelajaran di sekolah dilakukan secara online. Guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi yang ada agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu teknologi tersebut adalah aplikasi GeoGebra berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) efektivitas penggunaan aplikasi GeoGebra berbasis Android terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, 2) kemandirian belajar siswa selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa pada salah satu MTs di Kabupaten Ciamis dengan sampel terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Instrumen penelitian adalah soal tes kemampuan koneksi matematis dan kuesioner kemandirian belajar. Teknik analisis data dengan deskripsi hasil implementasi GeoGebra, uji effect size dan perhitungan kuesioner kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa efektivitas penggunaan aplikasi GeoGebra berbasis Android dalam mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis selama pembelajaran online masih belum maksimal yaitu sebesar 0,25 dan termasuk dalam kriteria rendah. Untuk kemandirian belajar kelas kontrol 34 % siswa memiliki kriteria tinggi dan 66% siswa memiliki kriteria sedang, sedangkan di kelas eksperimen 20% siswa memiliki kriteria tinggi dan 80% siswa memiliki kriteria sedang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024