Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 1 (2024): February

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Gelombang Mekanik

tina, Agus (Unknown)
Wayan Gunada, I (Unknown)
Busyairi, Ahmad (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media power point interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik di SMA Negeri 1 Kediri. Jenis penelitian quasi eksperimentdengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalahseluru kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kediri. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan sampel jenuh dan terpilih kelas XI MIPA 1 sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan power point interaktif dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran langsung.Kemampuan berpikir kritis diukur dengantes uraian sebanyak 10 butir soal. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Uji t menghasilkan nilai t hitungkemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 6,847 lebih besar dari t tabelyaitu 2,012 sehingga H0ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan power point interaktif terhadap kemampun berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai N-gain scorepeserta didik sebesar 0,796 pada kelas eksperimen dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,625 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...