Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 3 (2024): Agustus

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika

Wiridiatul, Wiridiatul (Unknown)
Muh. Makhrus (Unknown)
Muhammad Zuhdi (Unknown)
Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika kelas XI. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol yang tidak setara. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampling purposive dan diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas Kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa model Problem Based Learning dengan bantuan media powerpoint interaktif, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 80,271, sedangkan di kelas kontrol yaitu 67,329. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t polled varians menghasilkan nilai thitung sebesar 5.62, dengan ttabel sebesar 2,00 dan tingkat taraf signifikan 5%. Analisis data menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning dengan berbantuan media powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika di SMAN 7 Mataram.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...