Peran desain kelas memiliki signifikansi yang besar dalam pengembangan keterampilan sosial anak usia dini. Desain kelas yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung interaksi sosial antar anak, seperti pengaturan ruang kelas yang dirancang untuk memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antar siswa. Selain itu, desain kelas juga dapat mendorong partisipasi aktif, tanggung jawab, serta kerjasama melalui penggunaan furnitur yang fleksibel dan ruang yang terbuka. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah metode kualitatif. Pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk memahami dan memperoleh wawasan mendalam mengenai peran desain kelas dalam mendukung pengembangan keterampilan sosial anak usia dini. Melalui pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, peneliti dapat mengeksplorasi informasi yang relevan dan mendalam terkait topik penelitian. Penelitian juga mengungkapkan bahwa desain kelas yang mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan keterampilan sosial anak usia dini. Studi ini menunjukkan bahwa dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan yang sesuai, kelas dapat menciptakan suasana yang mendukung interaksi sosial yang sehat dan memperkuat perkembangan keterampilan sosial pada anak-anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis memberikan rekomendasi penting bagi para pendidik dan desainer kelas untuk memperhatikan faktor-faktor desain ruang yang berpotensi meningkatkan interaksi sosial dan kemampuan berkomunikasi anak-anak usia dini.
Copyrights © 2023