Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS PERKEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL SISWA SMP KELAS 7 PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING

Fitri Rahmawati, Azizah (Unknown)
Nurul Hidayah, Indriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan kompetensi sosial emosional peserta didik pada pembelajaran (PjBL) pada materi Hukum II Newton. Jenis penlitian ini mengkombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini ialah kelas 7 SMPN 6 Malang, dan Teknik Purposive sampling dengan sampel 32kpeserta didik. Instrumen penelitian meliputi teknik non tes, yaitu self asesment dan observasi. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif statistik, dan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan dari 5 kompetensi sosial emosional terdapat peserta didik berkembanggsangat baik, berkembanggsesuai harapan, dan mulai berkembang. Penelitian_ini didukung hasil observasi yang menunjukan peserta didik antusias dan dari pembelajaran proyek yang diterapkan dapat membangun perkembang sosial emosional peserta didik. Dengan demikian, hasil analisis data menunjukan adanya perkembangan kompetensi sosial emosional dalam pembelajaran PJBL. Keterbatasan penelitianPini sampel yang digunakan dalam skala kecil, harapannya penelitian selanjutkan dapat menggunakan sampel dalam skala besar dan menambahkan instrumen wawancara

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...