Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan kompetensi sosial emosional peserta didik pada pembelajaran (PjBL) pada materi Hukum II Newton. Jenis penlitian ini mengkombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini ialah kelas 7 SMPN 6 Malang, dan Teknik Purposive sampling dengan sampel 32kpeserta didik. Instrumen penelitian meliputi teknik non tes, yaitu self asesment dan observasi. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif statistik, dan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan dari 5 kompetensi sosial emosional terdapat peserta didik berkembanggsangat baik, berkembanggsesuai harapan, dan mulai berkembang. Penelitian_ini didukung hasil observasi yang menunjukan peserta didik antusias dan dari pembelajaran proyek yang diterapkan dapat membangun perkembang sosial emosional peserta didik. Dengan demikian, hasil analisis data menunjukan adanya perkembangan kompetensi sosial emosional dalam pembelajaran PJBL. Keterbatasan penelitianPini sampel yang digunakan dalam skala kecil, harapannya penelitian selanjutkan dapat menggunakan sampel dalam skala besar dan menambahkan instrumen wawancara
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024