Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024)

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI SMP NEGERI 3 MALANG

Novi Maulida, Anisa Putri (Unknown)
Khotimah, Khusnul (Unknown)
Arie Pradhana, Kresna Wahyu (Unknown)
Maulidiya, Mega (Unknown)
Nur Annisa, Nidya (Unknown)
Yudha Triwahyuni, Ratri (Unknown)
Sugiyanto, Sugiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya inovasi dalam pembelajaran yang dilakukan sehingga menyebabkan para peserta didik kurang termotivasi dan sukar aktif di dalam pembelajaran. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon implementasi model PjBL dalam pembelajaran IPA pada materi tata surya dan struktur bumi peserta didik di kelas 7 dan 8 SMPN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun pelaksanaan penelitian dilakukan dengan mengadaptasi penelitian yaitu melalui serangkaian kegiatan LS (Lesson Study) meliputi kegiatan plan (perencanaan), do (pelaksanaan), see (refleksi). LS dapat meningkatkan kemampuan peserta didik keterampilan kolaborasi, kolaborasi guru dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik model pembelajaran PjBL memberikan dampak positif baik bagi pendidik maupun peserta didik, suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena peserta didik lebih antusias dan bersemangat dalam belajar. Peserta didik juga bebas mengekspresikan potensi sesuai minatnya sehingga pembelajaran dirasa lebih bermakna

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...