Kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya inovasi dalam pembelajaran yang dilakukan sehingga menyebabkan para peserta didik kurang termotivasi dan sukar aktif di dalam pembelajaran. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan adalah dengan penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon implementasi model PjBL dalam pembelajaran IPA pada materi tata surya dan struktur bumi peserta didik di kelas 7 dan 8 SMPN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun pelaksanaan penelitian dilakukan dengan mengadaptasi penelitian yaitu melalui serangkaian kegiatan LS (Lesson Study) meliputi kegiatan plan (perencanaan), do (pelaksanaan), see (refleksi). LS dapat meningkatkan kemampuan peserta didik keterampilan kolaborasi, kolaborasi guru dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik model pembelajaran PjBL memberikan dampak positif baik bagi pendidik maupun peserta didik, suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena peserta didik lebih antusias dan bersemangat dalam belajar. Peserta didik juga bebas mengekspresikan potensi sesuai minatnya sehingga pembelajaran dirasa lebih bermakna
Copyrights © 2024