Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DALAM PEMBELAJARAN MEMAKNAI INFORMASI TEKS BERITA KELAS VII SMPN 2 PAKIS

Ananda, Dea (Unknown)
Adi, Pidekso (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang disusun sebagai upaya untuk mengakomodasi perbedaan antar peserta didik sebagai individu dalam satu kelas agar tidak timbul kesenjangan yang signifikan antar peserta didik dan tercipta pembelajaran yang inklusif, responsif, dan mendukung kebutuhan semua peserta didik. Berdasarkan hasil observasi karakteristik peserta didik kelas VII-C SMPN 2 Pakis, diketahui bahwa tingkat capaian peserta didik kelas VII-C beragam khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level dalam pembelajaran memaknai informasi teks berita di kelas VII-C sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat capaian peserta didik. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat capaian peserta didik di kelas VII-C dipetakan menjadi tiga kelompok, tujuh siswa sangat mahir, sepuluh siswa mahir, dan tiga belas siswa perlu bimbingan. Berdasarkan hasil pemetaan tersebut dirancang pembelajaran diferensiasi TaRL dengan strategi diferensiasi konten dan proses dengan hasil penilaian pengerjaan tugas yang diberikan, hanya ada satu kelompok yang mendapat nilai dibawah 75 (KKM sekolah) dan itu dari kelompok peserta didik mahir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...