Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menerapkan profil pelajar Pancasila dengan menggunakan metode SAVI (Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual) yang dibantu dengan papan games untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8C SMP Laboratorium UM. Pembelajaran dengan menggunakan metode SAVI melalui 4 tahapan, yakni: a) tahap persiapan; b) tahap penyampaian; c) tahap pelatihan; d) tahap penampilan hasil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes siklus, observasi aktivitas siswa, dan observasi kegiatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil soal tes pada siklus I yaitu 69% dan siklus II 78%. Selain itu terdapat peningkatan dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 56,25% dan pada siklus II yakni 87,5%. Kemudian, jika dilihat dari hasil observasi kegiatan guru juga terdapat peningkatan yakni pada siklus I mendapatkan skor 79 dan pada siklus II mendapatkan skor 81. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan metode SAVI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8C SMP Laboratorium UM.
Copyrights © 2024