Nanggroe: Journal of Scholarly Service
Vol 3, No 4 (2024): Juli

Penguatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kabupaten Gorontalo Tahun 2024

Saud, Jefriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan di MTs Negeri 3 Kabupaten Gorontalo dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan guru dalam menghadapi tantangan era globalisasi dan digitalisasi, dengan fokus pada penguasaan materi pelajaran, metodologi pengajaran, dan pemanfaatan teknologi informasi. Implementasi Kurikulum Merdeka, yang berpusat pada kebutuhan serta potensi siswa, juga menjadi salah satu fokus utama pelatihan. Melalui pelatihan ini, diharapkan para guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif, serta menumbuhkan semangat profesionalisme dan tanggung jawab. Metode pelatihan yang digunakan mencakup ceramah, diskusi, simulasi, dan e-learning, dengan tujuan memberikan pengalaman belajar yang komprehensif dan interaktif. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam pengajaran dan penggunaan teknologi, serta terbentuknya budaya belajar yang berkelanjutan di MTs Negeri 3 Kabupaten Gorontalo. Pelatihan ini juga membantu guru untuk lebih siap menghadapi perubahan dalam dunia pendidikan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah. Secara keseluruhan, pelatihan Penguatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah di MTs Negeri 3 Kabupaten Gorontalo memberikan dampak positif jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek, terjadi peningkatan kualitas pengajaran dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dalam jangka panjang, diharapkan terbentuknya budaya belajar berkelanjutan yang akan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan di MTs Negeri 3 Kabupaten Gorontalo, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi di era globalisasi ini. 

Copyrights © 2024