Nanggroe: Journal of Scholarly Service
Vol 3, No 3 (2024): June

Menggali Potensi, Mengasah Bahasa: Pelatihan Siswa Sekolah Dasar Kota Gorontalo dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris

Mamu, Rahmawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo melalui metode pengajaran yang interaktif dan menyenangkan. Dalam kegiatan ini, berbagai teknik digunakan termasuk permainan edukatif, alat bantu visual, dan metode STAD serta gamifikasi, yang terbukti efektif dalam memotivasi siswa dan membuat proses belajar lebih menarik. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa mengenali, mengingat, dan menggunakan kosakata baru. Selain itu, siswa menjadi lebih percaya diri dalam berpartisipasi dan menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari. Dampak positif dari pendekatan ini menunjukkan bahwa pengajaran yang kreatif dan interaktif tidak hanya meningkatkan keterampilan bahasa, tetapi juga membangun motivasi dan antusiasme belajar siswa, sehingga model pengajaran ini layak diterapkan lebih luas di berbagai sekolah dasar di Indonesia. 

Copyrights © 2024