Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah
Vol 23 No 2 (2023): Juli - Desember 2023

Studi Bibliometrik untuk Mengidentifikasi Novelty dalam Model Pengembangan Borg dan Gall

Siswanto, Deny Hadi (Unknown)
Suparman (Unknown)
Samsinar (Unknown)
Alam, Sri Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan tujuan mengkategorikan 100 artikel untuk mengidentifikasi kebaruan penelitian berdasarkan 8 kategori terkait model pengembangan Borg and Gall. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan artikel menurut kriteria tersebut. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kebaruan pada kategori perangkat pembelajaran menggunakan E-LKPD; 2) Kebaruan pada kategori model pembelajaran antara lain model pembelajaran Inquiry, NHT, CPS, OIDDE, kontekstual, prosedural, representatif, brown, dan penemuan terbimbing; 3) Kebaruan pada kategori dasar menggunakan metode berbasis komputer, keterampilan abad 21, Gamifikasi, flipbook, sigil, mind map, flipped learning, puwton, Instagram, platagon, adobe animation, booklet, dan macromedia flash; 4) Novelty pada kategori pendekatan seperti berpikir metaforis, konflik kognitif, pembelajaran sains anak, terapi bermain seni kreatif, pendekatan bermain, pendidikan karakter, ARIAS, dan PISA; 5) Kebaruan pada kategori kemampuan meliputi kemandirian belajar, penalaran matematis siswa, penalaran adaptif, keterlibatan siswa, literasi sains, tugas, koneksi matematis, dan profesionalisme guru; 6) Kebaruan pada kategori jenjang pendidikan yang dilaksanakan di PAUD; 7) Kebaruan kategori nilai/semester dilaksanakan pada kelas 1, kelas 9, dan semester lima perguruan tinggi; 8) Kebaruan pada kategori mata pelajaran meliputi PJOK, Biologi, Bahasa Jawa, Teknologi Pengantar, Teknik Mesin, Fisika Dasar, Matriks, Teknik Kimia, Teknik Komputer, Pendidikan Pancasila, Geometri, Kewirausahaan, Sistem Komputer, Persamaan Diferensial, dan Geometri Analitik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Other

Description

Publication of research results in the fields of education, religion, law, social politics, economics, informatics, industry, and ...