Abstrak: Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar merupakan pelajaran yang selalu menarik untuk dikemukakan karena menuntut kreatifitas guru maupun siswa. Salah satu materi wajib untuk di pelajari di sekolah dasar adalah geometri, dimana dalam pembelajaran ini menuntut kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran dan memanfaatkan media agar dapat dipahami dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) berbantuan aplikasi Wingeom untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada Materi bidang datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun tahapan-tahapan penelitian ini meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi, dan (4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pada siklus I persentase ketuntasan 66,67%, sedangkan pada siklus II nilai ketuntasan sebesar 88,33%. Hasil ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebesar 21,66% dari siklus I ke siklus II.Abstract : In Elementary School, mathematics learning is always interesting to present because it demands creativity from both teachers and students. One of the compulsory subjects to be studied in elementary school is geometry, where this learning demands creativity from teachers in using teaching models and utilizing media for better understanding. The purpose of this research is to apply the Problem-Based Learning (PBL) model assisted by the Wingeom application to improve the learning outcomes of fifth-grade elementary school students in the topic of plane geometry. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The stages of this research include (1) Planning, (2) Implementation, (3) Evaluation, and (4) Reflection. Based on the research results, it is shown that in Cycle I, the mastery percentage is 66.67%, while in Cycle II, the mastery rate is 88.33%. These results indicate that there has been an increase in student learning outcomes by 21.66% from Cycle I to Cycle II.
Copyrights © 2024