EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2024): Edisi Juni 2024

EKSPLORASI LITERASI DIGITAL DI PESANTREN PADA SANTRI GEN Z

-, puput fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Pondok pesantren sebagai pusat integrasi yang menghubungkan antara pendidikan agama dengan aspek pendidikan lain diharapkan mampu menyatu pada perubahan era digital menggunakan konsep kolaborasi dengan digitalisasi dalam mensyiarkan keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan mendalam tentang dinamika literasi digital di pesantren, serta memungkinkan pengembangan strategi yang tepat guna untuk mengoptimalkan peran teknologi dalam mendukung pendidikan keislaman generasi Z di pesantren. Metode yang digunakan meneliti adalah studi pustaka (library-based research). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa eksplorasi literasi digital yang dimanfaatkan sebagai pendukung pembelajaran dan sarana media berdakwah dalam pendidikan Islam di pondok pesantren merupakan hal penting untuk mengembangkan kompetensi santri dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dalam era digital utamanya pada santri Gen Z.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduteach

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran (EDUTEACH) adalah sebuah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Unit Pelaksana Praktik Kependidikan Terpadu (UP2KT) FKIP Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Eduteach terdaftar pada PDII LIPI dengan Nomor ISSN 2715-9779 (Online) dan 2715-9760 ...