Penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan kemampuan musik anak melalui kegiatan bermain musik dengan barang bekas di Kelompok B TK Alam Istiqomah, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang. Jumlah peserta didik yang menjadi subjek penelitian adalah 20 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, hanya 15% siswa yang tuntas, di bawah standar yang diinginkan. Setelah penerapan kegiatan bermain musik dengan barang bekas pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 50%, namun masih di bawah standar. Tindakan kelas dilakukan kembali pada siklus II, dan hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dengan 80% siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan bahwa penerapan kegiatan bermain musik dengan barang bekas efektif meningkatkan kemampuan musik anak pada Kelompok B TK Alam Istiqomah. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya metode bermain musik dengan barang bekas dalam meningkatkan keterampilan musik anak di lembaga pendidikan anak usia dini.
Copyrights © 2023