Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Al-Husna yang dilaksanakan di Taud Homeschooling An Nashr Islamic School Tangerang Selatan. Al-Qur’an adalah kitab yang hadir melalui perjuangan nabi Muhammad. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus kita harus mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid agar hasil bacaannya baik dan benar. Kekhawatiran orang tua akan perkembangan zaman menjadi catatan bagi para pendidik dalam menentukan metode pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan anak usia dini. Pemilihan metode pembelajaran Al-Qur’an menjadi hal yang harus diperhatikan apalagi digunakan untuk anak usia dini. Salah satu metode yang cocok digunakan untuk anak usia dini adalah metode Al-Husna. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode Al-Husna dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Taud Homeschooling An Nashr Islamic School Tangerang Selatan sangat baik, efektif dan efisien, dibuktikan dengan capaian hasil belajar anak dalam kurun waktu satu tahun sampai satu setengah tahun anak sudah mampu membaca al-qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwidnya. Metode ini juga menggunakan sistem 3s yaitu scanning, story dan saying. Adapun faktor pendukung metode ini diantaranya buku yang full color dan bergambar, terdapat kode-kode unik, dan mudah diterapkan untuk anak usia dini, sedangkan penghambatnya adalah usia anak, tingkat kefokusan anak, dan anak yang jarang masuk sekolah. Kesimpulannya pembelajaran menggunakan metode Al-Husna dapat membantu dan memudahkan anak dalam memahami serta mempercepat waktu belajar al-qur’an.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023