Tujuan penelitian adalah membangun pemahaman konsep siswa dengan mengartikan istilah-istilah penting. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu deskripsi, reduksi, dan seleksi. Pada tahap deskripsi, dilakukan pencatatan materi esensial pada pembelajaran IPA. Pada tahap reduksi, dilakukan pemilihan fokus penelitian, yaitu IPA sebagai kumpulan konsep. Pada tahap seleksi, fokus penelitian diuraikan menjadi lebih terperinci, yaitu membangun pemahaman konsep awal siswa dengan mengartikan istilah-istilah penting. Responden penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Subah, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi. Validasi dilakukan secara sirkuler, berulang-ulang dengan berbagai cara dan berbagai sumber. Kesimpulan pada tahap deskripsi, reduksi, dan seleksi, diolah dari data yang diperoleh melalui proses berpikir, bertanya, analisis, kesimpulan, dan pencandraan. Rata-rata pada setiap pokok bahasan terdapat puluhan konsep. Cara membangun pemahaman konsep adalah siswa ditugaskan untuk mencari istilah-istilah penting pada setiap pokok bahasan dan mengartikannya dengan kalimat sendiri secara singkat dan jelas. Hasilnya adalah siswa terbangun konsep awal sebelum guru menjelaskan dan hasil belajar yang didapat mempermudah proses pembelajaran selanjutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024