DoubleClick : Journal of Computer and Information Technology
Vol 7, No 2 (2024): Edisi Februari 2024

Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Service Quality) Terhadap Minat Beli Pengguna Layanan ShopeeFood Di Bantul

Nisa, Nanda Dhea (Unknown)
Wicaksono, Yanuar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Pembatasan aktivitas masyarakat untuk mencegah peningkatan virus Covid-19 membuat pelaku usaha harus melakukan inovasi dalam kegiatan usahanya, agar produknya dapat ditemukan dengan mudah dan kegiatan usahanya dapat terus berjalan. Salah satu inovasi tersebut adalah menjual produknya secara online di beberapa marketplace. Konsumen hanya perlu memesan melalui marketplace dan menunggu pesanan sampai di tempat. Beberapa marketplace yang menyediakan layanan pemesanan produk kuliner antara lain GrabFood, GoFood, ShopeeFood, dan lain sebagainya. Ada beberapa alasan mengapa orang Indonesia melakukan pembelian secara online. Kajian ini akan fokus membahas ShopeeFood, penyedia layanan pesan-antar makanan online, yang mampu bersaing dengan penyedia layanan sejenis dalam waktu singkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan elektronik (e-service quality) yang dimiliki ShopeeFood terhadap minat beli pengguna aplikasi. Objek penelitian ini adalah pengguna ShopeeFood dengan lokasi penelitian di Bantul, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan google form (secara online). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 132 responden. Kriteria responden yang ditetapkan peneliti adalah pengguna ShopeeFood di Bantul yang pernah melakukan transaksi minimal 1 kali dalam kurun waktu minimal 6 bulan terakhir. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Alat atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara parsial dimensi privasi dan layanan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli pengguna ShopeeFood di Bantul; (2) secara simultan e-service quality berpengaruh signifikan terhadap minat beli pengguna ShopeeFood di Bantul.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

doubleclick

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

DoubleClick is Journal of Computer and Information Technology with registered number ISSN: 2579-5317 will publish in August and February. Topic of the DoubleClick Journal : 1. Application of information technology (Software engineering, system design, geographic information system mapping area, ...