EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 4 No 1 (2024): June 2024

Enhancing Reading Skills Using Word Card Media in Elementary Schools

Anggraini, Sabina Aulia (Unknown)
Zahroh, Siti Fatimatul (Unknown)
Juwanda, Azi (Unknown)
Juhji, Juhji (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Metodologi yang digunakan melibatkan tinjauan literatur yang komprehensif, menggabungkan analisis kritis dari berbagai sumber akademis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata secara signifikan meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa. Peningkatan ini dibuktikan dengan kemajuan penting dalam kecepatan membaca, pemahaman teks, dan antusiasme belajar secara keseluruhan. Media kartu kata menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Selain itu, penggunaan kartu kata memfasilitasi pengajaran yang berbeda, memenuhi beragam kebutuhan belajar siswa dan memungkinkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi. Sifat interaktif dari kegiatan kartu kata mendorong kolaborasi teman sebaya dan partisipasi aktif, yang selanjutnya memperkuat keterampilan membaca dan menumbuhkan sikap positif terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik mengintegrasikan media kartu kata ke dalam strategi pembelajaran mereka untuk mengatasi tantangan literasi secara efektif dan meningkatkan kinerja akademik siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...