EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 4 No 1 (2024): June 2024

IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBINAAN ADAB DAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA

Yulia Ayu Pramitasari (Unknown)
Saifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Kemerosotan akhlak merupakan femonena yang terjadi pada generasi bangsa Indonesia, baik pada anak-anak maupun pemuda hingga usia dewasa. Peran pendidikan bersifat fundamental dalam perbaikan akhlak untuk generasi yang akan datang. MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang hadir dalam membersamai proses perbaikan tersebut melalui program pembinaan adab. Tujuan dari penelitian ini adalah: mendeskripsikan perencanaan program Hidden Curriculum proses pembinaan adab dalam membentuk akhlak karimah pada siswa Madrasah Ibtidayah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang; mendeskripsikan proses implementasi Hidden Curriculum pembinaan adab dalam membentuk akhlakul karimah siswa; mendeskripsikan proses evaluasi Hidden Curriculum pembinaan adab dalam membentuk akhlakul karimah siswa; mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi Hidden Curriculum pembinaan adab dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kualitatif model Miles dan Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini adalah pembinaan adab di MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang telah terealisasikan melalui 3 tahap yaitu: 1). perencanaan berupa perumusan visi misi, rapat kerja yang bertujuan pembentukan program; 2). pelaksanaan, berupa kegiatan yang dilakukan di skeolah dan di rumah; dan 3). evaluasi program pembinaan adab tersebut evaluasi di dalam kelas melalui observasi yang nantinya akan dilaporkan dalam lembar monitoring adab siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...