EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 4 No 1 (2024): June 2024

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI MI AL-KHOIRIYAH

Lutfiatur Rofiah (Unknown)
Saifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan komponen kinerja guru Pendidikan Agama Islam MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang yang disupervisi oleh kepala Madrasah.(2) Mendeskripsikan strategi/tehnik supervisi akademik kepala MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (3) Mendeskripsikan tindak lanjut supervisi akademik kepala MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan data atau verifikasi (consclution drawing & verifying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komponen kinerja guru Pendidikan Agama Islam MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang yang disupervisi oleh kepala madrasah: (a) kemampuan merencanakan pembelajran,(b) kemampuan melaksanakan pembelajaran,dan(c) kemampuan penilaian atau evaluasi pembelajaran(2) strategi /tehnik kepala MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam: Dalam melakukan proses supervisi kepala madrasah mengkolaborasikan antara teknik kelompok dengan teknik individu yang telah diterapkan di MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. (3) tindak lanjut supervisi akademik kepala MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam:(a) memberikan pengarahan pembinaan dan pembibingan tentang perencanaan pembelajaran yang direncanakan, pelaksanakan pembelajaran, pembuatan evaluasi pembelajaran. (b) kepala Madrasah memberikan kesempatan kepada guru Pendidikan Agama Islam mengikuti pelatihan pembuatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pembuatan evaluasi pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...