Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 9 No. 1 (2024): EDISI JANUARI

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENUTUPAN TIKTOK SHOP PADA PORTAL BERITA CNNINDONESIA.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID

Putri, Indah Mardini (Unknown)
Qurniawati, Eka Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Saat ini berkat perkembangan teknologi, media telah menjadi suatu kebutuhan dalam berbagai kegiatan atau aktivitas, dengan pemanfaatan teknologi yang baik dan juga tepat maka akan dapat memperoleh informasi yang akurat. Penelitian ini menganalisis mengenai pola pemberitaan dengan menggunakan analisis framing yang dikemukakan oleh Robert N Entman terhadap dua portal berita online cnnindonesia.com dan republika.co.id yang berhubungan tentang pemberitaan penutupan TikTok Shop. Sifat penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif yang dengan tujuan agar dapat mendeskripsikan secara sistematis, serta faktual dan akurat mengenai pemberitaan penutupan TikTok shop pada portal berita Cnnindonesia.com dan republika.com yang dipublikasikan pada tanggal 16-20 September 2023. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah headline berita yang ada pada cnnindonesia.com dan republika.co.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cnnindonesia.com menggunakan model sintaksis frame yang mengacu pada sumber, latar belakang, dan penggunaan kata tertentu dalam pemberitaan yang berhubungan penutupan TikTok Shop. Sementara republika.co.id menggunakan model episodic framing, yang mana berfokus kepada suatu peristiwa yang terjadi pada waktu itu saja dan hanya ingin memberitakan suatu hal yang mudah untuk khalayak pahami dan khalayak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...