Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 9 No. 2 (2024): Edisi April

STUDI NETNOGRAFI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS PADA AKUN INSTAGRAM @JILBRAVE.OFFICIAL

Nurhaliza, Wa Ode Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi dalam aktivitas promosi produk Gamis Syar'i di akun Instagram @jilbrave.official yang memiliki 1 juta pengikut di Indonesia. Dengan latar belakang meningkatnya minat Muslimah Indonesia terhadap busana syar'i dan popularitas Instagram sebagai platform pemasaran yang efektif, penelitian ini mengusulkan metode netnografi komunikasi. Metode melibatkan analisis konten seperti gambar, emotikon, caption, dan komentar yang diposting di akun Instagram tersebut. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teks dan gambar yang diposting. Penelitian ini berfokus pada pola komunikasi dua arah antara pemilik akun (@jilbrave.official) sebagai komunikator dan pengikut sebagai komunikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @jilbrave.official memanfaatkan fitur-fitur Instagram secara maksimal untuk memudahkan komunikasi pemasarannya. Mereka memposting gambar produk dengan caption menarik, meningkatkan jumlah pengikut, dan mengoptimalkan jumlah likes. Pola komunikasi yang diterapkan mencakup pola primer (verbal dan nonverbal), sekunder (memanfaatkan Instagram sebagai media), dan sirkular (umpan balik dari komunikator dan komunikan). Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana akun Instagram @jilbrave.official menggunakan platform tersebut sebagai alat pemasaran yang efektif untuk menjangkau pasar Muslimah di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...