Aplikasi Instagram merupakan sebuah media yang dapat menghubungkan pengguna yang satu dengan pengguna lainnya dengan menggunakan jaringan insternet dan dapat membagikan foto maupun video dengan mudah dan cepat. Pengguna Instagram mampu mendapatkan informasi, berbagi informasi dan melakukan sebuah usaha (bisnis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui toko flower batavia dalam meningkatkan promosi pemasaran melalui instagram. Fokus pada teori ini adalah seorang pengusaha dapat melakukan sebuah promosi agar mendapatkan tujuan tertentu seperti membujuk, mempengaruhi konsumen dan menjalin hubungan dengan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu Toko Flower Batavia dengan unit analisis Instagram dalam meningkatkan promosi pemasaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang dan menggunakan teknik secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui teori bauran promosi didapatkan bahwa flower batavia telah melakukan promosi melalui instagram dengan memposting setiap produk yang telah ready agar diketahui oleh pengguna lainnya. Kegiatan promosi tersebut dilakukan setiap harinya dengan memposting 10 macam buket yang ready melalui akun instagramnya. Dengan begitu pula ditemukan bahwa konsumen dapat melihat rangkaian buket yang telah diposting. Peneliti juga menemukan bahwa adanya promosi lisan yang dilakukan oleh konsumen yang satu ke konsumen lainnya yang dimana promosi ini sangat menguntungkan karena dengan begitu toko flower batavia dapat dikenal oleh masyarakat luas dan tertarik untuk membeli produknya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan menggunakan instagram, flower batavia dapat membangun brand awereness kepada khalayak dan membangun loyalitas merk dikalangan masyarakat luas.
Copyrights © 2024