Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8 yang ditentukan dengan purposive sampling. Pelaksanaan penelitian diberikan 6 soal TIMSS konten aljabar menggunakan indikator literasi matematika PISA. Enam siswa terpilih mewakili level 0, level 1, level 2, dan level 3 berdasarkan hasil tes literasi matematis. Hasil penelitian ini mendata siswa level 0 berjumlah 32 orang (88,9%), siswa level 1 berjumlah 2 orang (5,6%), siswa level 2 berjumlah 1 orang (2,8%), dan siswa level 3 berjumlah 1 orang (2,8%). Siswa level 0 mampu mengelola informasi untuk menjawab pertanyaan yang jelas dan menerapkan strategi pemecahan masalah yang sederhana. Siswa level 1 mampu menginterpretasikan dan menggunakan rumus yang sesuai untuk menyelesaikan masalah. Siswa level 2 mampu bekerja secara efektif dengan model yang digunakan dalam situasi konkret dan menerapkan strategi dalam memecahkan masalah yang rumit. Siswa level 3 mampu membuat generalisasi dan menggunakan penalaran matematika dalam menyelesaiakan masalah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024