Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan fundamental dalam matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non-tes yaitu tes uraian untuk menguji kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan angket serta wawancara untuk mengetahui kecemasan matematika pada peserta didik. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan kontribusi pengaruh sebesar 34%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik.Kata kunci: Kecemasan Matematika, Pemahaman Konsep, Matematika.
Copyrights © 2024