JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 17, No 1 (2024): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 17 Nomor 1 Februari

PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

Tamrin, Maisaroh (Universitas Pendidikan Indonesia)
Afifah, Salsabila (Unknown)
Salsabila, Kireyna Intan (Unknown)
Herman, Tatang (Unknown)
Hasanah, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu kemampuan fundamental dalam matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah kecemasan matematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non-tes yaitu tes uraian untuk menguji kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan angket serta wawancara untuk mengetahui kecemasan matematika pada peserta didik. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan kontribusi pengaruh sebesar 34%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik.Kata kunci: Kecemasan Matematika, Pemahaman Konsep, Matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...