Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya permasalahan berupa hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPAS Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)3 OKU Timur yang menunjukkan hanya 9 siswa yang dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan 14 siswa lainnya belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di MIN 3 OKU Timur sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif Quizizz, (2) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di MIN 3 OKU Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sumber data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar Pretest sebesar 52,27 dan hasil belajar Posttest sebesar 75,90. Hasil UjiPaired Sampel T-Test memperoleh nilai signifikansi 0,0000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi Quizizz (X)terhadap hasil belajar (Y) siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V MIN 3 OKU Timur. Kata Kunci : Media Pembelajaran quizizz, Hasil Belajar
Copyrights © 2023