FingeR: Journal of Elementary School
Vol. 2 No. 2 (2023): Edisi: Desember

Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa MIN

Redi Firmansyah (Unknown)
Kholidin, Nor (Unknown)
pariyem, Pariyem (Unknown)
Enggar Kencana Dewi, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya permasalahan berupa hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPAS Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)3 OKU Timur yang menunjukkan hanya 9 siswa yang dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan 14 siswa lainnya belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di MIN 3 OKU Timur sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif Quizizz, (2) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di MIN 3 OKU Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sumber data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar Pretest sebesar 52,27 dan hasil belajar Posttest sebesar 75,90. Hasil UjiPaired Sampel T-Test memperoleh nilai signifikansi 0,0000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi Quizizz (X)terhadap hasil belajar (Y) siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V MIN 3 OKU Timur. Kata Kunci : Media Pembelajaran quizizz, Hasil Belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

FingeR

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

FingeR (Journal of Elementary School) is a journal of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Primary School/ Basic Education/ MI/ SD which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency in PGMI/PGSD/MI/SD 2. Learning strategies in PGMI/PGSD/MI/SD ...