LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI
Vol. 7 No. 2 (2024): Juli 2024

PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PEREMPUAN DI KOTA SURABAYA SEBAGAI PENGGUNA KONTEN TIKTOK #OUTFITIDEAS

Kayyisa, Binta (Unknown)
Arviani, Heidy (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu kecenderungan perilaku yang dialami oleh manusia yang lebih mementingkan keinginan daripada suatu kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena perilaku konsumtif yang terjadi pada remaja perempuan di Kota Surabaya sebagai pengguna konten TikTok #outfitideas. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan dalam pengumpulan datanya menggunakan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan enam informan remaja perempuan berusia 13 tahun sampai 18 tahun di Kota Surabaya sebagai pengguna konten TikTok #outfitideas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konten TikTok #outfitideas yang dikonsumsi membuat remaja menjadi berperilaku konsumtif lebih mengutamakan keinginan (nilai tanda) daripada kebutuhan (nilai guna) dan fashion diidentikkan dengan wanita menampilkan berbagai model feminin yang mengajak kaum wanita untuk membiasakan diri dengan menyenangkan dirinya sendiri yang bertujuan untuk memenuhi kepuasan serta dapat menjadi perhatian bagi dirinya sehingga perilaku konsumtif terjadi pada remaja perempuan terutama pada kota besar seperti Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

linimasa

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

LINIMASA merupakan jurnal yang diiniasi oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Pasundan. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan bulan Juli. Gagasan jurnal LINIMASA hadir atas fenomena perkembangan ilmu komunikasi yang begitu pesat dan dinamis mengikuti perkembangan ...