Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi Atletik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi melalui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android (AEG) untuk kelas X. Ditemukan bahwa materi tersebut dianggap kurang menarik dan monoton oleh siswa, mendorong perlunya inovasi dalam pendidikan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran efektif dan menarik bagi siswa. Metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) digunakan untuk merancang AEG. Validasi oleh tiga validator, termasuk ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi, menghasilkan tingkat kevalidan yang signifikan (78%, 60%, dan 95% secara berturut-turut). Tanggapan siswa dari kelas X-RPL SMKS Dr WAHIDIN melalui angket menunjukkan tingkat kelayakan AEG sebesar 94% dan dalam pemahaman materi 83% siswa mengalami peningkatan nilai, menandakan kesesuaian media pembelajaran ini dalam proses belajar-mengajar.AEG diharapkan tidak hanya efektif secara pedagogis tetapi juga responsif terhadap kebutuhan siswa. Dengan hasil belajar yang diharapkan mencapai puncak potensinya, pengembangan AEG ini diharapkan menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan pemahaman materi Atletik dan membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa kelas X.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024