Seiring dengan perkembangan jaman dan globalisasi yang terjadi hampir diseluruh dunia, maka perkembangan juga merambah pada dunia pendidikan. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka Belajar. Perubahan pola pikir dan budaya mengajar merupakan prinsip perubahan menjadi Kurikulum Merdeka Belajar. Sebagian besar dari hasil penelitian tersebut ditemukan pada pemerikasaan kurikulum pendidikan jasmani terdapat kekurangan pada analisis dokumen kurikulum yang mendalam. Maka berdasarkan dari penjelasan diatas permasalahan yang terjadi adalah bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah dalam Kurikulum Merdeka Belajar yang dianalisis secara praksis. Dari hasil observasi menggunakan instrumen analisis secara praksis didapatkan menggunakan analisis kurikulum secara praksis yang diambil dari wawancara dan pengamatan guru Pendidikan Jasmani Kota Yogyakarta yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Secara pemahaman dan implementasi guru penjas sudah melaksanakan sesuai dengan standar Kurikulum Merdeka Belajar. Sebagian guru memahami filosofi yang digunakan sebagai dasar proses pembeajaran. Terdapat juga guru yang belum memahami filsofi yang digunakan, namun prinsip dari proses pembelajaran sudah mengacu pada filosofi. Masih terdapat kendala-kendala yang menjadikan guru penjas kurang maksimal dalam menerapkan kurikulum penjas tersebut dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Seperti kendala sarana prasarana yang sudah menjadi permasalahan klasik sehingga pembelajaran kurang maksimal
Copyrights © 2023