MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 9, No 2 (2024): Edisi April

Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian Melalui Media Batang Napier Pada Siswa Klelas III SD Negeri 84 Singkawang

Nurhani, Tantri (Unknown)
Buyung, Buyung (Unknown)
Suprapto, Wasis (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah penggunaan Media Batang Napier berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep Matematika siswa materi perkalian siswa kelas III. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental, desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah siswa kelas III B yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes soal essay dengan memuat indikator pemahaman konsep Matematika. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dan Presentase angket respon siswa. Hasil penelitian adalah: 1) Terdapat peningkatan pemamaham konsep Matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Batang Napier pada materi perkalian bilangan cacah dengan hasil N-Gain dengan rata-rata 0,49 dengan presentase 49% dengan kriteria sedang, 2) terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep Matematika materi perkalian antara kelas eskperimen dan kelas kontrol yang dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil yaitu thitung ttabel atau 2,3336 2,0141,maka Ha diterima dan H0 ditolak,3) respon siswa terhadap media Batang Napier memiliki kategori baik dengan hasil presentasenya 71%. Hal ini menunjukkan bahwa respon siswa positif terhadap media Batang Napier yang diterapkan pada materi perkalian. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menerapkan media Batang Napier dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Matematika siswa pada kelas III di SD Negeri 84 Singkawang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...