Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team quiz terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi sistem pencernaan di kelas XI IPA SMA Persiapan Stabat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen semu (quasi-experiment research). Desain penelitian yang digunakan adalah “pretest dan posttest dengan kelompok-kelompok tidak acak” atau non equivalent pretes kontrol group design. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampel Random Sampling. Teknik Pengumpulan data melalui tes hasil belajar bentuk soal pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 83 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah adalah 70. Dari hasil Uji t menunjukkan bahwa sig 2-tailed (0,00 < 0,025). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA siswa antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz dengan yang diajar melalui model pembelajarn konvensional. Maka dengan ini model pembelajaran kooperatif tipe quiz dapat dipilih sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023