Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media sosial Twitter sebagai informasi dalam pembelajaran geografi di kelas XI IPS SMAN 113 Jakarta terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan media sosial Twitter dalam pembelajaran dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan power point dalam pembelajaran. Data diperoleh melalui pre test dan post test. Hasil uji instrumen penelitian, data bernilai valid dan reliabel. Hasil pesrsyaratan analisis menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil analisis data menyatakan bahwa nilai signifikan (sig.) yakni 0,0% dengan ketentuan dasar jika nilai sig. (2-tailed) < 5% maka berpengaruh. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media sosial Twitter dalam pembelajaran geografi terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023