Buku teks memiliki peranan penting dalam implementasi kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi dalam buku teks Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka terbitan Erlangga berdasarkan Kriteria Buku Teks BSNP dan kelengkapan komponen keterampilan abad 21 (4C). Penelitain ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Subjek penelitian yang digunakan adalah Buku teks Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka terbitan Erlangga. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian kuesioner yang berisikan indikator keterampilan abad 21 dan Kelayakan BSNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis isi buku ini dikatakan sangat layak (93%). Analisis keterampilan abad 21 dikatakan sangat baik (94%). Nilai tertinggi pada keretampilan berpikir kritis sebesar 98%. Sementara terendah ada pada keterampilan berpikir kreatif dan inovatif hanya 92%. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang kualitas buku teks pelajaran geografi dan dapat digunakan untuk meningkatkan isi buku tersebut agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pendidikan saat ini.
Copyrights © 2024