Tujuan penelitian ini mendeskripsikan fungsi tindak tutur direktif dan fungsi tindak tutur representatif dalam siaran YouTube CNN Indonesia, serta menyusun bahan ajar teks berita jenjang SMP sebagai pemanfaatan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Subjek penelitian siaran YouTube CNN Indonesia. Sumber data penelitian tiga video dengan tema berbeda yang disiarkan kanal YouTube CNN Indonesia. Teknik pengumpulan data memanfaatkan teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik simak, teknik catat, dan teknik transkrip. Teknik analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ditemukan empat fungsi tindak tutur direktif dan empat fungsi tindak tutur representatif. Empat fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan, meliputi 10 tindak tutur meminta, 37 tindak tutur bertanya, 6 tindak tutur perintah, dan 8 tindak tutur menasehati. Empat fungsi tindak tutur representatif yang ditemukan, meliputi 23 tindak tutur menyebutkan, 17 tindak tutur memberitahukan, 11 tindak tutur menyarankan, dan 23 tindak tutur menunjukkan. Penelitian ini dimanfaatkan sebagai bahan ajar teks berita jenjang SMP. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh guru dalam membuat bahan ajar yang efektif dan menarik.
Copyrights © 2024