Kegiatan Outing Class memiliki peran yang penting dalam pengembangan sosial anak-anak di TK Ananda Yara Sukamaju. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak kegiatan tersebut sebagai sarana interaksi sosial pada anak-anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis data untuk mengumpulkan informasi tentang pengalaman dan persepsi anak-anak terhadap kegiatan Outing Class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Outing Class memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan interaksi sosial anak-anak. Mereka dapat mengembangkan keterampilan berkomunikasi, bekerja sama, dan berbagi dengan teman-teman sebaya mereka. Selain itu, kegiatan ini juga memperluas cakupan pengalaman anak-anak di luar lingkungan PAUD, meningkatkan rasa ingin tahu, dan memperkaya pengetahuan mereka tentang dunia sekitar.Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor pendukung dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan Outing Class. Faktor pendukung meliputi dukungan orang tua, partisipasi aktif guru, dan pemilihan destinasi yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak-anak. Sementara itu, hambatan dapat muncul dari faktor logistik, anggaran, dan koordinasi antara pihak terkait.
Copyrights © 2023